Profil

 

MyFamilyMuhammad Yamin lahir di Rimo, Aceh Singkil pada tangga 15 Maret 1974. Menyelesaikan Sekolah Dasar di SD Negeri Tulaan hingga kelas 5. Kelas 6 SD pindah ke SDN Rantau Binuang, Kandang, Aceh Selatan.

Selesai dari Kandang, Muhammad Yamin kembali ke Rimo melanjutkan Sekolah Menengah Pertama di SMP Unit Rimo yang saat itu merupakan satu-satunya sekolah menengah pertama yang ada di kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Selatan (sebelum menjadi Kabupaten Aceh Singkil). SMP di Rimo hanya sampai kelas 2. Kelas 3 SMP pindah lagi ke SMP Negeri 24 Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah.

Setelah tamat dari SMPN 24 Gunung Pati, melanjutkan sekolah menengah atas di SMA Assalaam, Surakarta, Solo pada tahun 1991. Assalaam merupakan salah satu sekolah berkonsep Boarding School yang terletak di Pabelan, berdekatan dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Di SMA Assalaam, Muhammad Yamin boarding selama 3 tahun, 1 tahun programTakhashush, dan dua tahun untuk kelas SMA, kemudian kembali ke Aceh dan pindah lagi ke SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh.

Tahun 1994, mengikuti UMPTN dengan hanya 1 (satu) pilihan, Fakultas Ekonomi Unsyiah. Alhamdulillah lulus di FE Unsyiah dan selesai dengan susah payah dan dengan nilai yang pas-pasan pada tahun 2003 disebabkan karena lebih aktif berorganisasi di IRM Aceh.

Selesai dari FE Unsyiah, Yamin langsung melempar lamaran menjadi dosen di Universitas Muhammadiyah Aceh pada tahun yang sama. Setelah melalui proses seleksi, dinyatakan diterima sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah dan diamanahkan menjadi dosen mata kuliah Manajemen.

Pada tahun 2008, dengan biaya mandiri, melanjutkan kuliah di Pascasarjana Ilmu Akuntansi Unsyiah hingga pada akhir tahun 2012 dinyatakan drop out oleh akademik karena tesis sudah lama tidak dikonsultasikan (hanya sekali konsul) sampai habis masa dibolehkan kuliah untuk mahasiswa pascasrjana.

Karena tuntutan kualifikasi bagi dosen di perguruan tinggi, dan juga untuk meningkatkan kapasitas ke-dosen-an, pada tahun 2014 kembali ikut melamar S2 pada Sekolah Pascasarjana Ilmu Manajemen USU melalui beasiswa BPP-DN Dikti. Gelar kesarjanaan Megister Ilmu Manajemen (M.Si) diperoleh pada tahun 2014

Keluarga:

Menikahi seorang gadis dari Juli Keude Dua, Bireuen, Aslinar pada tanggal 5 Juli 2002, Alhamdulillah telah dikaruniai seorang Putra, Hirzi Abid Alfathiri, 22 Oktober 2005, dan seorang Putri, Safa Banat Jamilah, 24 Oktoebr 2012.

Muhammad Yamin

 Posted by at 16:00

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>