Feb 082015
 

pedagang pasarSeorang pedagang selalu memikirkan Laba Rugi; “Yang penting untung, pokoknya jangan sampai rugi”. Tetapi seorang pengusaha bekerja keras menjaga Arus Kas, Cash Flow. Ini juga salah satu ciri yang membedakan pedagang dengan pengusaha 🙂

Saya yakin, anda, kita semua, pernah mendapatkan pertanyaan teka-teki, mana yang lebih duluan telur atau ayam? Sudah punya jawabannya belum? Hingga hari ini rasanya belum ada yang bisa memecahkan teka-teki telor ayam ini. Baiklah, sebentar lagi, hari ini, melalui artikel ringan ini akan saya beri satu jawaban yang terinspirasi dari teka-teki yang diajukan anak saya, Hirzi Abid Alfathiri.

Oke, kita kembali ke Laba Rugi dan Arus Kas, Profit and Cash Flow. Manakah yang lebih penting? Jawaban yang paling aman adalah, kedua-duanya penting, karena keduanya mengindikasikan sehat tidaknya sebuah usaha. Tapi bukan ini yang ingin kita kuliti, karena jawaban ini sebenarnya dalam kenyataan tidak dilakukan oleh pebisnis secara bersamaan, apalagi pemula, ini jawaban pebisnis labil.

Seperti halnya tubuh kita, perlu makan agar kenyang, tetapi kenyang bukan berarti menjamin tubuh kita sehat, tergantung juga makannya, kalau berlebihan justeru menjadi penyakit, maka orang yang memikirkan makan saja, itu artinya hanya menghasilkan ‘kenyang membawa penyakit’.

Seseorang perlu mengontrol makanannya agar tidak menjadi penyakit yang menyebabkan bertumpuknya sampah kolesterol dalam pembuluh darah. jika ini terjadi, aliran darah anda akan melambat, dan memaksa jantung bekerja keras memompa dengan kerja ekstra, konon lagi jika darah membeku, jantungpun akan berhenti berdetak, makananmu membunuhmu.

Begitu kira-kira gambaran kecil Laba Rugi dan Arus Kas. Para pebisnis sering sekali kesulitan mengelola usahanya karena fokus pada Laba Rugi, tetapi kurang memperhatikan Arus Kas, yang berfungsi seperti aliran darah dalam tubuh, dan menjadi indikator kesehatan usaha.

Laba tidak menjamin lancarnya aliran keluar masuk kas. Tingginya penjualan juga belum tentu menjadikan arus kas lancar karena dalam kegiatan usaha ada aktifitas yang menyebabkan terjadinya masalah hutang piutang, tagihan yang tersendat, perilaku penggunaan dan pengeluaran dana, untuk itu, seorang manager harus faham bagaimana memantau arus kas, manajemen arus kas.

Anda bisa lihat, para pedagang, tidak pernah bisa besar, asset dan usahanya dari tahun ke tahun sampai tua tetap begitu saja, tak ada kemajuan yang berarti, karena memang umumnya pedagang berfikir taktis, tidak seperti pengusaha, strategis, jangka panjang, dan memiliki manajemen yang baik dalam mengelola usahanya.

Mengenai teka-teki telur ayam… Hmmm… Jawabannya adalah, tergantung, setiap orang memiliki jawaban yang berbeda. Kalau saya, jawabanya saya pastikan benar, lebih duluan ayam. Ya, Ayam, karena mertua saya memberi saya sepasang ayam dan kemudian bertelur, menetas, dan berkembang biak. Bagi anda yang dikirim mertua anda telur ayam untuk ditetaskan dengan bantuan hawa panas lampu neon, berarti anda akan menjawab telur duluan. Ini hanya soal perbedaan cara pandang dan cara mendapatkan barang..

Kalau anda bertanya mana penting memikirkan Laba Rugi dan Arus Kas, sekarang anda sudah bisa jawab. Tergantung dari perspektif pedagang atau pengusaha. Setidaknya jangan lupa pepatah lama ini ;

Profit is queen, but cash is king

Selamat beraktifitas, semoga bisnis anda semakin jaya…

Baca juga:

Komunitas Jual Beri Barang Lokal Murah Meriah di Aceh Singkil

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)