Dec 142014
 

Ingin mencari barang baru dan bekas murah meriah dengan cara mudah? Memanfaatkan toko online adalah pilihan yang bijak di zaman teknologi serba canggih ini. Semua bentuk dan jenis barang bahkan jasa dapat diperoleh dengan memanfaatkan intenet.

Pernah mendengar situs jual beli online berniaga.com? tokobagus yang sekarang berubah menjadi olx.com? saya yakin bukan hanya mendengar, anda mungkin pernah membukanya, mencari barang yang anda butuhkan, atau bahkan menjual barang bekas anda yang ada di rumah. Gratis… Iya, gratis. semua proses yang dilewati saat ingin bertransaksi di situs jualan online itu gratis, memang benar-benar tanpa bayar.  Malah anda dapat untung dari penjualan barang yang anda lakukan. Benarkan…!!! Sayapun sering berbelanja online melalui situs itu, beli sepeda motor, HP, buku dan lain-lain. Semua saya lakukan dari kamar tidur dengan menggunakan HP. Dari perangkat yang ukurannya segenggam, kita bisa lihat dunia yang luasnya tak mampu kita jangkau. Begitu mudah, begitu indah.

Situs belanja online yang saya sebutkan di atas adalah situs belanja onlline nasional, maksud saya, anggota yang bertransaksi di dalamnya berdaya jangkau nasional. Siapa saja boleh mendaftar dan bertransaksi tanpa kecuali dengan catatan harus mematuhi aturan main yang diberlakukan admin yang dipantau melalui pengisian formulir sebagai syarat lolos bergabung untuk bertransaksi. Selanjutnya sistem yang bekerja.

Sebagaimana tagline google, ingin menyampaikan informasi dari seluruh dunia hingga ke pelosok yang sangat terpencil sekalipun di dunia ini. Inilah pasar global. Pasar yang disasar oleh produsen dari seluruh penjuru dunia untuk dan atas nama barang dan jasa apapun, dikarenakan pasar lokal sudah sangat jenuh dan stagnan. Anda boleh buktikan, bahwa google tidak mengingkari taglinenya, ketik apa saja, maka google akan memberikan apa saja..  :-)

Oke, kembali ke jaul beli online… Bahwa secanggih apapun teknologi, selalu menyisakan lubang-lubang kelemahan, ini adalah bagian rezeki yang sengaja disisihkan untuk pihak lain, tentu oleh Sang Pemberi Rezeki. hanya Dia yang sempurna, yang lain ‘cacat’ semua. Sekaipun jangkauan komunikasi dapat menembus ruang waktu dan batas teritorial, tetapi tidak serta merta barang dapat tersampaikan dengan waktu yang selalu cepat karena keberadaan barang jauh dari tempat tujuan, dan mungkin barang tersebut tidak ada atau tidak dibutuhkan di suatu wilayah atau daerah tertentu. Lubang-lunbang inilah yang bisa diidentifikasi sebagai peluang bisnis baru. Maka diperlukan sarana dan wadah baru untuk mengelola agar ketersediaan informasi dan barang atau jasa yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

Situasi ini telah dilakukan oleh seorang anak muda penggemar teknologi informasi internet. Mereka mengumpulkan informasi ketersediaan barang dan jasa yang ada di wilayah tertentu saja, wilayah dimana dia berada. Tidak secanggih berniaga atau olx, tapi melihat keaktifan wadah yang dia buka, banyak transaksi yang dilakukan warga di wilayah tersebut atas jasa tanpa pamrihnya membuka Group Jual Beli Barang Bekas (Rimo Aceh Singkil Sekitar).

Sekilas memang ini group biasa, tetapi ini adalah group yang luar biasa. Pemilik Group, Irham dan Ahmad Ridha, telah menjadi konektor para pebisnis dan warga di Aceh Singkil melalui group tersebut.

Yang perlu diketahui adalah, group tersebut hingga hari ini, 14 Desember 2014, hanya beranggotakan 450 akun, dan memiliki syarat yang cukup ‘pelit’. Anggotanya hanya dibolehkan yang berasal dari Wilayah Kabupaten Aceh Singkil, di luar wilayah itu, tidak dibenarkan bergabung, jika anda memaksakan diri bisa masuk group, maka admin akan men-delete keanggotaan anda secepat mungkin. Karena ini adalah group jual beli barang, maka posting-posting yang ada harus berkaitan dengan tema itu, jika tidak, maka admin akan men-delete postingan anda.

Apakah ada biaya yang dibayarkan jika terjadi transaksi? Tidak. Semuanya Gratis, tetapi, resiko tanggung sendiri, BukanUrusanSaya :-) Urusan masing-masing, begitu kata pemilik group ini.

Group ini saya perlihatkan kepada salah seorang netizen dan EO yang biasa mengamati situs-situs online, dan memiliki 30ribu (tiga puluh ribu) follower di twitter, silahkan anda follow @babangbrewok. “sebuah gagasan yang mantap karena dapat mengumpulkan orang-orang  lokal untuk bersatu padu berbisnis di dunia maya, karena nggak semua orang telaten mengurus sebuah group, apalagi tak ada feedback secara materi, salut,”

Dari Rimo, Irham dan Ahmad Ridha memantau groupnya dengan seksama untuk menjaga jangan sampai ada anggota group yang memposting status di luar aturan, karena pasti akan diambil tindakan. Group ini memang disediakan untuk wadah komunikasi bisnis Anak muda Aceh Singkil. silahkan intip dan gabung di group ini, barang-barang anda mungkin ada yang membutuhkan.  Selamat berbisnis, semoga banyak anak Rimo dan Aceh Singkil menjadi pebisnis dari dunia maya ini.

Baca juga :

Jualan Online di Pasar Global

Jual Beli Barang Murah Meriah

Group Jual Beli Barang Bekas Rimo Aceh Singkil

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>